Vibrative Virtual Keyboard

Oleh: Amir Mujahiduddien dan Ichsan Alfiansyah

 

Sejarah Perkembangan Keyboard

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. pada awalnya keyboard divuat dengan urutan abjad “ABCDEFG..”. akhirnya lambat laun dengan diiringi kecepatan mengetik menjadi lebih cepat dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka alat tersebut nampak kelemahanya pada setiap tombol tertentu saja yang mengalami macet dan menghambat pekerjaan, dan akhirnya dirubahlah urutannya sesuai dengan desain mesin ketik.

keyboar2

 

(Keyboard yang desain seperti papan tombol mesin ketik)

 

Seiring dengan berkembangnya zaman, papan keyboard tak hanya digunakan pada komputer saja. Keyboard digunakan pula pada telepon. Hal ini dinamakan keypad. Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut “pad” yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya. Keypad yang tersusun dari angka-angka biasanya disebut sebagai numeric keypad. Keypad juga banyak dijumpai pada alphanumeric keyboard dan alat lainnya seperti kalkulator, kunci kombinasi, serta kunci pintu digital, dimana diperlukannya nomor untuk dimasukkan.

Telephone_keypad_20080726

(Keypad pada telepon)

Vibrative Virtual Keyboard

Seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya teknologi, keypad dikembangkan sehingga tombol nya serupa dengan papan tombol keyboard. Pada tahun 2012 lalu seorang mahasiswa ilmu komputer di Inggris bernama Floarian Kraeutli menemukan keyboard virtual tanpa harus menambahkan aksosris fisik, cukup menggantinya dengan papan ketik dari kertas ala kadarnya maka ‘keyboard virtual’ bisa digunakan. Dia menggunakan built-in accelerometer di iPhone untuk mengukur getaran yang kemudian diprogram sesuai dengan tombol pada ‘keyboard virtual’.

Misalnya, jika Anda menempatkan iPhone di meja dan menekan dari jarak dekat, ia akan mendaftar sebagai satu huruf, demikian juga seterusnya untuk mendaftarkan huruf yang berbeda.

Walau masih dalam bentuk prototipe, keyboard virtual ini mampu mengetikkan sebuah kalimat dengan tingkat akurasi hingga 80%. Kekurangannya memang terletak saat pengguna harus mengetuk-ngetuk kertas keyboard di atas meja untuk mendapatkan satu huruf.

141349_virtualiphone

Keyboard Virtual ini sudah dipatenkan oleh Apple dan pada nantinya iPhone bakal memiliki kemampuan untuk memproyeksikan keyboard, mouse, trackpad, dan game controller holografis ke atas permukaan meja.

Paten-Virtual-Keyboard

Mekanisme kerja paten teknologi yang diberi nama “iPhone Frequency Sensor/Magnifier Application” ini adalah iPhone dapat merubah permukaan datar menjadi panel sentuh. Selanjutnya iPhone dapat mendeteksi sinyal dan getaran pada saat iPhone diletakan di permukaan tersebut.

Selain itu, virtual keyboard ini juga terbagi ke dalam beberapa area berbeda. Jika pengguna menyentuh area lain, maka input berbeda pula yang akan keluar.

 

Leave a comment