Light Gun Video Game

JORDY SARAGIH – 140810120001

RIVA FARABI – 140810120007

3

Light Gun pertama kali digunakan untuk video game melalui game Shooting Gallery oleh Magnafox Odyssey pada tahun 1972. Versi light gun yang terkenal diproduksi oleh Nintendo, dengan nama NES Zapper atau Beam Gun di Jepang untuk Nintendo Entertainment System (NES).  NES Zapper mulai terkenal dengan game Duck Hunt pada tahun 1985 di AS.

Cara memainkannya sederhana, hanya mengarahkan target di layar dengan pistol lalu tekan pelatuk.

Cara Kerja

Cara kerja light gun cukup sederhana, ketika cahaya light gun diarahkan ke display, light gun akan mendeteksi cahaya melalui photodiode yang ada di selongsong pistol.

Pada saat yang bersamaan komputer (konsol game) menerima sinyal dari screen driver (output). Sinyal tersebut terdiri dari horizontal retrace dan vertical retrace display.

2

Perlu diketahui bahwa kedua retrace (berkas cahaya) tersebut berfungsi sebagai penyusun gambar pada televisi (display). Berkas cahaya tersebut merupakan berkas electron yang melintasi layar dari kiri ke dimana pergerakan berkas electron ditunjukkan pada gambar di bawah.

Dalam gambar, horizontal retrace yang ditunjukkan oleh garis biru menunjukkan garis yang diwarnai berkas elektron pada layar dari kiri ke kanan, sedangkan vertical retrace ditunjukkan oleh garis merah menunjukkan berkas sedang melayang kembali (fly back) ke kiri. Pada saat berkas mencapai di dasar sisi sebelah kanan, akan bergerak kembali ke sudut kiri atas layar.

Screen driver mengirim sinyal retrace tersebut ke komputer, sehingga komputer tahu posisi berkas electron berada di setiap frame.

Ketika pemain mengarahkan objek dan menarik pelatuk, komputer dari konsol akan menghitamkan layar dan diode dari senapan akan mulai menerima cahaya. Kemudian komputer memancarkan blok putih solid di sekitar target dimana kita targetkan saat menembak. Photodiode pada zapper mendeteksi perubahan intensitas cahaya dan memberitahu komputer bahwa photodiode tersebut diarahkan ke target yang di block. Saat kita menembak target lebih dari satu, blok putih yang muncul melingkupi target tembakan pada satu waktu. Tentu saja ketika memainkan game ini kita tidak akan sadar karena kejadiannya berlangsung kurang dari 1 detik.

Leave a comment