WiiMote

Fath Imtiaz (140810120009) Ivan Alexander Yunadi (140810120010)

1626677-wallpaper_74982

Pendahuluan  Sudah tiga dekade sejak sistem video game rumahan pertama kali muncul di rak-rak toko dan di ruang keluarga. Pada tahun-tahun yang lewat game-game telah menjadi semakin lebih canggih. Telah berlalu grafis kasar persegi dan modulasi suara janggal yang banyak dari kita dapat ingat. Di tempat mereka suara dan grafis yang bisa terlihat hidup, dan permainan yang bergerak cepat dan tampak seperti nyata. Sampai saat ini, pertunjukan permainan realistis disisihkan untuk aksi di layar, namun dengan pengenalan Nintendo Wii, tindakan tersebut telah melompat ke ruang keluarga kita seperti kita menjadi bagian dari pengalaman game Nintendo Wii.

Sejarah Kalau anda pernah memainkan Nintendo di era 90-an, ada permainan bernama Duck Hunt di mana kita ditugaskan untuk menembak bebek-bebek yang terbang di sekitaran lapangan rumput. Untuk menembak, kita menggunakan alat input berupa senapan tiruan yaitu NES Zapper, yang dapat diarahkan ke titik lokasi bebek. Permainan ini terkenal karena tingkat kesulitan yang tinggi dan sensasi yang mirip seperti saat kita benar-benar memburu bebek dengan menggunakan senapan angin. Bagaimana cara kerja NES Zapper ini?

Untuk mendapatkan gambaran awal, mari kembali ke era pertengahan 1930-an. Saat itu, cikal bakal NES Zapper pertama kali diciptakan, Light Guns. Perangkat ini muncul setelah dikembangkan menggunakan sensor cahaya dari tabung vakum. Permainan menggunakan senapan tiruan yang dikembangkan pertama kali tersebut bernama Ray-O-Lite. Dikembangkan tahun 1936 oleh Seeburg, perusahaan yang membuat bagian dan sistem untuk jukebox.Permainan masih berbentuk fisik dengan pemain menembak target yang bergerak secara mekanis menggunakan sensor cahaya yang ditembakkan dalam sorotan cahaya. Ketika sorotan cahaya mengenai sensor, target dinyatakan tertembak dan pemain mendapatkan poin.          1210633620           Light guns menjadi tren konsol video game melalui permainan Shooting Gallery yang diperkenalkan oleh Magnavox Odyssey di tahun 1972. Kemudian Nintendo Entertainment System (NES) Zapper diluncurkan pada tahun 1985 di Amerika Serikat. Versi awal perangkat tersebut berwarna abu-abu tua, namun senapan tersebut kemudian diubah untuk membedakan dari senapan yang asli. Pada saat itu, ada beberapa game  yang kompatibel dengan senapan Zapper yang diluncurkan NES. Namun, game yang paling terkenal dan populer adalah Duck Hunt.  Cara Kerja Dari bahasan sebelumnya, sekilas kita tahu bahwa NES Zapper bekerja dengan menggunakan sensor cahaya. Secara detail, ketika cahaya light guns ditembakkan, NES Zapper dan light guns lainnya yang sejenis bekerja dengan menerima cahaya melalui photodiode, yaitu komponen semi-konduktor kecil yang mengubah sinyal cahaya menjadi sinyal elektronik. Dengan menggunakan sinyal cahaya tersebut console dapat mengenali di layar mana senapan tersebut ditargetkan. 2 Capture Jadi NES mendapatkan sinyal cahaya yang didapat dari layar untuk mengenali sasaran yang ditembak target. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membedakan bahwa target yang ditembak adalah bebek atau bukan? Proses membedakan target dan bukan target terjadi ketika kita menarik trigger. Komputer dari NES akan menghitamkan layar selama satu  frame dan Photodiode dari senapan akan mulai diaktifkan. Kemudian komputer memancarkan blok putih solid di sekitar target, dalam hal ini bebek, pada frame berikutnya. Pada saat itu, Photodiode pada Zapper mendeteksi sinyal cahaya yang diterima, jika putih berarti tembakan tepat mengenai sasaran. Saat target yang muncul di layar ada lebih dari satu, blok putih yang melingkupi target muncul secara bergantian. Proses tersebut terjadi sangat cepat sehingga tidak akan masalah jika pemain kebetulan mengarahakan tembakannya pada bebek yang blok putihnya muncul terakhir karena diasumsikan tangan pemain masih mengarah pada sasaran saat blok putih terakhir tersebut muncul. Lalu untuk apa layar dibuat hitam seluruhnya terlebih dahulu, tidak langsung memunculkan hitam dan putih bersamaan? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindakan curang pemain yang sudah tau cara kerja Zapper. Jika layar dalam keadaan hitam sedangakan Photodiode menerima cahaya, artinya user mengarahkan Zapper-nya ke tempat lain agar bisa dianggap mengenai sasaran.

time_crisis_3_video

Cara kerja

Wii Remote,yang juga dikenal dengan sebutan “Wiimote”,adalah pengontrol utama untuk konsol nintendo Wii. Fitur utama dari Wii Remote merupakan sensor gerak, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan memanipulasi benda – benda yang terdapat pada layar melalui pendeteksi gerak dan penunjuk dengan menggunakan teknologi accelerometer dan sensor optik.

250px-Wiimote-Safety-First

Nintendo Wii memungkinkan kita menjadi bagian dari permainan dengan cara yang belum pernah dilihat. Bahkan joystick dan tombol yang telah menjadi pokok bermain video game sejak zaman Atari, Nintendo Wii menggunakan teknologi inframerah untuk berkomunikasi dengan remote control nirkabel, dan itu adalah remote control Nintendo Wii yang memisahkannya dari yang lain.

Wiimote memiliki kemampuan penginderaan posisinya dalam ruang tiga dimensi. Hal ini memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan Nintendo Wii dengan cara bahwa tidak ada sistem permainan lain yang memungkinkan. Gerakkan lengan Anda ke atas dan karakter dalam permainan bergerak naik. Putar tangan Anda dan hal yang sama terjadi dalam permainan. Nintendo Wii membuat Anda menjadi bagian dari tindakan. Sekarang Anda bisa bergerak, melompat, berayun, dan bertindak bersama dengan karakter permainan seperti Anda adalah salah satu dari mereka.

Nintendo Wii juga memiliki kemampuan bermain permainan tradisional juga. controller yang berbeda dapat terpasang ke dalam Wiimote, dan yang memungkinkan Anda untuk duduk dan bermain game cara Anda yang mungkin digunakan untuk memainkan mereka, dengan tombol dan joystick. The Wiimote juga dapat diadaptasi untuk digunakan dengan Wii Zapper – shell seperti pistol yang akan segera dirilis yang dapat ditempatkan Wiimote dan memungkinkan untuk digunakan seperti pistol. Atau dengan Wii Steering Wheel, sebuah perangkat tubuh yang sempurna dengan mengemudi permainan seperti Monster 4×4 World Circuit.
Apa yang dapat kita lihat bahwa Nintendo Wii hanyalah puncak gunung es. Dalam waktu singkat sejak dirilis dunia game bak di terjang badai, dan kemungkinan bahwa inovasi akan terus datang dengan cepat dan berapi-api. Platform Nintendo Wii benar-benar sebuah inovasi teknologi yang akan mengubah cara kita bermain game selamanya.

Perkembangan 

Wiimote berkembang dari hanya sebatas controller yang di gerakkan dengan tangan,menjadi kinect/kinex. Kinex dilengkapi dengan proyektor infrared dan camera dan sebuah microchip untuk mendeteksi gerakan obyek dalam 3 dimensi.

ufo-stomper-dance-floor-multiplayer-dancing-video-arcade-game-trio-tech-amusements

Leave a comment