A Screenless Future, Kovert Design – Fashion Wearable Technology-

Oleh:
Imam Jabar 140810120002
Faishal Wahiduddin 140810120024

kovert-design

Saat ini, dunia fashion sedang mengalami transformasi menuju wearable technology, contohnya adalah google glass.

Kovert Design adalah perusahaan fashion yang berfokus pada Wearable Technology dengan menyatukan antara keindahan dan teknologi. Mereka menciptakan Smart Accessories melalui kombinasi sensor elektronik dan koneksi wireless yang diciptakan oleh Kate Unsworth.

Pada zaman ini, dapatkah anda membayangkan sebuah konsep screenless future, sehingga mobile device tidak terus-menerus mengganggu interaksi sosial. Kate Unsworth mengembangkan perhiasan (cincin, kalung, dan gelang) yang memungkinkan untuk menerima push notification dari smartphone kita, daripada kita harus terus-menerus mengintip layar smartphone kita.

cincin

Dengan adanya aksesoris ini anda akan memiliki perhiasan yang akan bergetar secara halus untuk memberitahu anda bahwa anda memiliki sebuah panggilan masuk ataupun notifikasi lainnya. Kate Unsworth, pembuat perhiasan berteknologi tinggi yang menginginkan produk wearable technology seperti oksigen. Yaitu vital dan berada dimana-mana.

Meskipun ia mendukung gaya hidup digital, Unsworth menjelaskan bahwa, ia melihat smart technology (telepon, jam, dan kacamata) sebagai pemakai, bukan dipakai. Teknologi ini mendorong pengguna untuk terus-menerus melihatnya, sehingga membuat kecanduan. “Aku benci ketika teknologi mulai mempengaruhi hubungan sosial dan interaksi saya dengan orang-orang”, katanya.

Untuk memperbaiki hal ini, Kovert Design (cincin, gelang, dan kalung) membuat perhiasan yang akan bergetar jika ada notifikasi penting di smartphone kita, yang terhubung ke smartphone melalui bluetooth.

Terhubung ke sebuah aplikasi Kovert dan memungkinkan user untuk mengatur profile yang berbeda yang akan menentukan notifikasi apa yang akan melewati perangkat mereka, misalnya pada “Weekend Profile”, anda dapat menyesuaikan Kovert sehingga hanya ada panggilan dari keluarga dan teman-teman melalui perhiasan anda.

kovertdesign

Kovert Design ini akan membatasi device sesuai dengan kebutuhan kita, dan memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang berarti pada kehidupan nyata. Perhiasan adalah cara bagi orang untuk menyeimbangkan kehidupan fisik dan digital mereka sekaligus memberdayakan agar tidak selalu menyentuh smartphone touchscreen mereka.

Unsworth berharap orang-orang akan mendapatkan kembali kendali atas teknologi mereka, daripada membiarkan teknologi yang mengendalikan mereka. Dalam budaya sekarang ini di mana orang benar-benar mencintai smartphone mereka.

Kovert Design merupakan solusi untuk masa depan dimana teknologi mengakar dalam kehidupan kita, namun tidak mengendalikan kita. Musim panas ini mereka meluncurkan 500 unit cincin pertama, wearable device yang terhubung dalam bentuk perhiasan. Awalnya produk ini tersedia hanya untuk beberapa kelompok saja, tetapi cincin, gelang dan kalung akan tersedia untuk masyarakat umum di musim natal tahun ini dan dijual di website Kovert dan Net-a-Porter.

kovert-design-wearable-tech

Ide ini lahir Februari 2013, namun Unsworth perlu memvalidasi bahwa sebenarnya ada pasar untuk teknologi itu. Unsworth menghabiskan 5 bulan lebih untuk melakukan riset pasar.

Dia menemukan sejumlah orang yang berpikiran seperti dia, bukannya ingin menambah gadget baru, tetapi mereka ingin menemukan cara untuk mengelola gadget yang sudah ada. Bahkan mereka mengatakan teknologi yang mereka punya agak mengganggu dan menghambat. Mereka ingin tetap terhubung, tapi tanpa terganggu dari interaksi kehidupan nyata. Dari situlah Unsworth menemukan pasarnya.

Konsep Wearable Technology bukanlah hal yang baru, itu sudah lebih dari 10 tahun yang lalu. perbedaannya sekarang, durasi baterai dan daya prosesnya jauh lebih baik, dan memungkinkan kita untuk menghasilkan aplikasi yang lebih berguna.

Secara garis besar, Pada saat ini wearble technology dapat dibagi menjadi dua kategori, pakaian dan aksesoris. pada aksesoris, meyoritas berfokus pada kesehatan dan kebugaran, ini merupakan arah Apple pada “iWatch” mereka.

Produknya dikenakan di pergelangan tangan atau ditanam dalam pakaian dan dikenakan dekat dada/punggung, sehingga dapat memantau segala sesuatu mulai dari denyut jantung untuk tingkat stres sampai kadar glukosa darah.

founder

Di Kovert Design, Usworth mengambil konsep dalam arah yang berbeda sama sekali, ia ingin membangun fitur sosial, yang pada dasarnya memungkinkan Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.  Ia mempunyai ide untuk memberdayakan masyarakat agar dapat menjauhkan dari ponsel mereka, sehingga mereka dapat berhenti merasa terganggu, dan dapat berkonsentrasi pada kehidupan nyata.

Kebanyakan orang merasa muak dengan teknologi yang terlalu terhubung, mereka hanya ingin terlibat dengan teknologi mereka ketika mereka benar-benar perlu saja. Kovert Design adalah cincin, gelang dan kalung berfashion tinggi dengan teknologi inbuilt yang memungkinkan anda untuk menerima pemberitahuan tertentu melalui aksesoris pada saat smartphone berada di luar jangkauan anda.

Ini berarti anda dapat meninggalkan device anda dalam tas dan tenang karena mengetahui bahwa cincin anda akan memberitahu anda jika ada keadaan darurat, berbeda dengan aksesoris biasanya

RoseWhite

Cincin produk ini terbuat dari logam mulia yang berbeda yang dipesan lebih dahulu dengan barang elektronik di dalam (yang termasuk PCB, baterai, bluetooth dan getaran motor).

Dalam 3 sampai 5 tahun ke depan, Konvert Design akan berkolaborasi dengan sejumlah desainer besar untuk menhasilkan sejumlah wearable technology indah yang menginspirasi orang untuk menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.

Proses Input Output Kovert Design

Kovert Design menggunakan informasi dari smartphone sebagai input ke dalam aplikasi Kovert, lalu mempresentasikan informasi yang ada ke dalam aksesoris (cincin, gelang, atau kalung) sebagai output berupa getaran motor, melalui bluetooth.

Kita akan merasakan notifikasi yang terdapat di mobile device tanpa harus melihat ke layar mobile device tersebut.

Sebuah teknologi yang semakin memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dari mobile device


Daftar Pustaka:

https://makeit.intel.com/

http://thecreatorsproject.vice.com/blog/make-it-wearable-the-concepts-a-screenless-future-blog

http://elfashionista.net/2014/07/02/interview-with-kate-unsworth-kovert-designs-wearable-tech/

http://businessofeminin.com/en/kate-unsworth-founder-kovert-designs/

http://www.kovertdesigns.com/

Leave a comment